Apa kata impor dan ekspor
sering kalian dengar? Apa kalian tau sebenarnya pristiwa apakah perdagangan
internasional itu? Apakah kalian tahu pemasaran internasional itu apa?Tapi
tunggu sebentar! Apa itu perdagangan internasional dan pemasaran internasional
itu sama? Atau justru berbeda? Berikut adalah beberapa penjabaran mengenai
hal-hal diatas tersebut.
Perdangan Internasional dengan Pemasaran
Internasional memang sepintas terlihat sama. Tetapi mereka berbeda karena,
Perdagangan Internasional adalah kegiatan bisnis yang dilakukan oleh suatu
Negara dengan Negara lain. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Negara bertujuan
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di negaranya masing-masing dan kegiatan tersebut berupa ekspor dan impor
barang dari suatu Negara ke Negara lainnya. Sedangkan, Pemasaran Internasional
adalah suatu tranksaksi bisnis yang
dilakukan oleh perusahaan dalam suatu Negara dengan perusahaan asing di luar
negri.
Lalu
sebetulnya mengapa Negara-negara harus melakukan bisnis internasional ya?
Sebetulnya ada dua alasan utama dan
sangat mendasar mengapa Negara-negara melakukan tranksaksi bisnis
internasional.
Alasan
pertama, karena satu Negara dengan Negara lainnya berbeda satu sama lain.
Sehingga Negara-negara itu dapat mengambil keuntungan dari perbedaan yang ada
satu sama lain. Jadi dari perbedaan antara kekurangan dan kelebihan satu Negara
dengan Negara lainnya akan saling melengkapi dan mendapat celah untuk mengambil
keuntungan.
Alasan kedua,
Negara-negara berdagang satu sama lain dengan tujuan mencapai skala ekonomis
dalam produksi, maksudnya jika setiap Negara menghasilkan sejumlah barang
tertentu maka mereka dapat menghasilkan barang-barang tersebut dengan skala
yang lebih besar dan karenanya lebih efisien dibandingkan jika Negara tersebut
mencoba untuk meproduksi segala jenis barang.
Dan segala yang terjadi dalam bisnis internasional
tidak begitu saja terjadi, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu:
1. Kompetitiv : Jenis dan jumlah pesaing, lokasi dan kegiatan mereka.
2.Distributive : Agen nasinal dan internasional yang tersedia untuk mendstribusikan barang dan jasa.
3.Variable ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4.Sosioekonomi : Karakteristik dan distribusi populasi manusia.
5.Keuangan : Variable seperti suku bunga, tingkat inflasi dan perpajakan.
(http://thestoryofwhiteandfat.blgspot.com/2011/11/karakteristik-yang-mempengaruhi-bisnis.html/)
(http://bugiskha.wordpress.com/2012/04/13/alasan-dan-manfaat-dari-perdagangan-internasional/)
(http://c3nc1.blogspot.com/2012/05/v-behaviorurldefaultvmlo.html)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar