Sabtu, 17 November 2012

TUGAS 5

                Apa kata impor dan ekspor sering kalian dengar? Apa kalian tau sebenarnya pristiwa apakah perdagangan internasional itu? Apakah kalian tahu pemasaran internasional itu apa?Tapi tunggu sebentar! Apa itu perdagangan internasional dan pemasaran internasional itu sama? Atau justru berbeda? Berikut adalah beberapa penjabaran mengenai hal-hal diatas tersebut.
         
                   Perdangan Internasional dengan Pemasaran Internasional memang sepintas terlihat sama. Tetapi mereka berbeda karena, Perdagangan Internasional adalah kegiatan bisnis yang dilakukan oleh suatu Negara dengan Negara lain. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Negara bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di negaranya masing-masing  dan kegiatan tersebut berupa ekspor dan impor barang dari suatu Negara ke Negara lainnya. Sedangkan, Pemasaran Internasional adalah suatu tranksaksi bisnis  yang dilakukan oleh perusahaan dalam suatu Negara dengan perusahaan asing di luar negri.

                   Lalu sebetulnya mengapa Negara-negara harus melakukan bisnis internasional ya? Sebetulnya  ada dua alasan utama dan sangat mendasar mengapa Negara-negara melakukan tranksaksi bisnis internasional.

                   Alasan pertama, karena satu Negara dengan Negara lainnya berbeda satu sama lain. Sehingga Negara-negara itu dapat mengambil keuntungan dari perbedaan yang ada satu sama lain. Jadi dari perbedaan antara kekurangan dan kelebihan satu Negara dengan Negara lainnya akan saling melengkapi dan mendapat celah untuk mengambil keuntungan.



                   Alasan kedua, Negara-negara berdagang satu sama lain dengan tujuan mencapai skala ekonomis dalam produksi, maksudnya jika setiap Negara menghasilkan sejumlah barang tertentu maka mereka dapat menghasilkan barang-barang tersebut dengan skala yang lebih besar dan karenanya lebih efisien dibandingkan jika Negara tersebut mencoba untuk meproduksi segala jenis barang.


Dan segala yang terjadi dalam bisnis internasional tidak begitu saja terjadi, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu:
 
1. Kompetitiv           : Jenis dan jumlah pesaing, lokasi dan kegiatan mereka.

2.Distributive             : Agen nasinal dan internasional yang tersedia untuk mendstribusikan barang dan jasa.

3.Variable ekonomi    : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.

4.Sosioekonomi            : Karakteristik dan distribusi populasi manusia.

5.Keuangan                 : Variable seperti suku bunga, tingkat inflasi dan perpajakan.


(http://thestoryofwhiteandfat.blgspot.com/2011/11/karakteristik-yang-mempengaruhi-bisnis.html/)
(http://bugiskha.wordpress.com/2012/04/13/alasan-dan-manfaat-dari-perdagangan-internasional/)
(http://c3nc1.blogspot.com/2012/05/v-behaviorurldefaultvmlo.html)              




Tidak ada komentar:

Posting Komentar